-->

Panduan

GOGRAVIS.COM

Gogravis adalah media belajar bagi para blogger menyediakan tips ngeblog dan template free & premium.
Media belajar para blogger

Gogravis adalah media belajar bagi para blogger menyediakan tips ngeblog dan template free & premium

Panduan Internet Marketing Terbaru

Gogravis juga menjadi tempat panduan internet marketing bagi siapapun baik yang masih awam maupun yang sudah mahir

Template

Temukan template yang kamu ingini hanya di Gogravis

Membuat Konten Berkualitas Dengan Teknik Copywriting yang Baik


Yuhu...jumpa lagi dengan kita yang akan membahas bagaimana teknik copywriting yang baik kali ini. Kalau kamu sudah bisa copywriting yang baik, maka kamu bakal bisa jadi copywriter yang baik tentunya.

Buat kamu yang gemar copywriting, pastinya sudah tahu kan bagaimana teknik penulisan yang baik sehingga tulisan kamu bisa menarik untuk dibaca. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang menulis copywriting yang tujuannya adalah iklan alias menjual suatu produk atau jasa atau bahkan hanya sekedar konten yang berkualitas.

Tentunya, tulisan yang baik dan menarik akan menghasilkan pelanggan-pelanggan atau visitor yang baru secara terus-menerus nantinya. Soalnya, copywriting yang baik itu adalah copywriting yang dapat menghipnotis pembaca untuk terus membaca dan semakin penasaran.

Mau tahu caranya?

Ingat! Tulisan copywriting yang tidak menarik akan membuat pembaca bosan dan kabur! Yang ada blog kamu makin sepi dan musnah!

Penulis yang Jujur

Tentunya, copywriting yang baik adalah copywriting yang dihasilkan oleh penulis yang jujur.

Penulis yang tidak berwajah micky mouse, nyatanya berhati kejam. tulislah apa adanya saja, jangan dibuat-buat dan dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan. Tulisan yang seperti itu, bisa dikatakan sebagai hoax. Karena tulisan adalah informasi yang harus informatif, sehingga haruslah lengkap dan akurat.

Headline yang Pas dan Pantas

Headline bisa dibilang sebagai kepala dan baju dalam sebuah tulisan copywriting. Jadi, ketika orang membaca tulisan kamu, maka yang dilihat paling duluan kebanyakan pada bagian headline-nya.

Jadi, buatlah headline yang sekiranya bisa bikin pembaca tertarik untuk membaca uraiannya, berikut statistik yang membuat membuat headline menjadi menarik.



Kalau kamu sudah bisa membuat headline yang cakep dan keren, maka dipastikan kamu sudah bisa dikatakan sebagai copywriter sukses. Kamu bisa pelajari headline-headline yang ada di dunia ini dan yang paling banyak dibaca orang.

Headline dalam tulisan copywriting ini bisa disebut sebagai tongkat sihir

Karena apa?

Headline inilah yang merupakan sebagai senjata untuk menyihir pembaca agar pembaca mau membaca tulisan kamu.

Headline yang paling sering digunakan oleh penulis copywriter hebat adalah headline yang sifatnya menantang. Headline ini disebut sebagai headline provokatif yang mana membuat pembaca menjadi berpikir keras dan ingin mengulik kembali tulisan kamu.

Seperti ini contoh headline yang menantang,

“Mau dapat profti 100 juta sebulan?”

“Bagaimana keadaan keluarga Anda, ketika Anda tinggal?”

“Masih yakin menolak kesempatan yang datang hanya sekali?”

Ketiga headline itulah yang sering digunakan para copywriter untuk menantang pembaca. Dengan begitu, pembaca akan tergugah untuk membaca tulisan kamu. Atau sesuaikan dengan statistik diatas dimana penggunakan angka menjadi salah satu penunjang headline, contohnya seperti ini



Boros Kata

Sebaiknya, dalam menulis tulisan copywriting, jangan sekali-kali boros kata. Mentang-mentang dikejar target dengan penulisan artikel dengan sekian kata, sehingga kamu menyiasatinya dengan beberapa kata yang tidak penting.

Yang ada pembaca akan bosan membaca tulisan kamu karena tulisan yang cenderung diulang-ulang. Inilah kesalahan utama bagi para penulis copywriting yang harus dihindari.

Jadi, tulislah tulisan yang apa adanya dan jangan terlalu sering mengulang kata-kata yang sudah disampaikan sebelumnya. Buatlah kalimat seefektif mungkin, sehingga pembaca enak membacanya.

Lebih Baik

Copywriting ini adalah tulisan yang mana kita ambil dari tulisan lainnya. Sebagai copywriter yang baik dan handal, tidak semuanya meniru tulisan yang ia baca atau hanya asal tempel saja. Tapi, penulis copywriting yang baik itu menulis seperti layaknya menyadur, merangkum dengan gaya bahasanya sendiri.

Dengan cara apa? Kamu bisa mengawali searching di google apa yang bakal kamu tulis, lalu kamu baca-baca beberapa artikel yang kamu temukan. Setelah itu, catat beberapa headline dan topik utama dalam tulisan yang kamu baca. Kemudian, tulislah sesuai dengan gaya bahasamu dan jangan terlalu memaksa.

Ada lagi yang lebih penting, bahwa jangan menulis sesuatu yang tidak kamu ketahui. Yang ada adalah tulisan bodong alias tulisan yang terlalu dibuat-buat.

Tulisan copywriting ini setidaknya lebih baik dari tulisan sumber sebelumnya. Sehingga, di sinilah kamu bisa menyaingi tulisan sebelumnya. Ibarat kata, murid belajar ke gurunya, dan murid harus lebih ‘pintar’ dari gurunya.


Bahasa yang Enak


Jika kamu sebagai penulis copywriting untuk pemasaran, sebaiknya jangan menggunakan bahasa pemasaran dalam artikel kamu.

Buatlah tulisan yang kesannya memberikan informasi, bukan untuk menjual sesuatu. Sehingga, pembaca akan berpikir "harus membeli", bukan "membeli atau tidak".

Dengan bahasa yang enak dan informatif, maka pembaca akan tertarik untuk terus membaca tulisan kamu dan lama-kelamaan pembaca akan menjadi pelanggan kamu.

Bahasa yang ajaib adalah bahasa yang mengandung kata-kata ajaib yang mana bisa menyihir pembaca untuk membaca tulisan kamu. Sebagai penulis copywriting, kamu harus tahu bahasa ajaib yang bisa menyihir pembaca.

Bahasa atau kata ajaib ini pun tergantung dari kondisi dan penempatannya. Artikel bola contohnya, kata ajaibnya adalah "gol", "transfer", "degradasi", dan lain sebagainya. Begitu juga dengan topik lainnya yang memiliki kata-kata ajaib. Atau contoh dari bisnis dropship Ko Rico Huang ini



Lihat kata yang dilingkari merah, itu adalah contoh "kata ajaib"

Tentunya setelah semua teknik diatas sudah dilakukan, kita juga perlu strategi ngeblog agar sukses membangun blog kita.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk menjadi copywriter baik dengan teknik copywriting di atas? Saatnya kamu memulainya dengan beberapa teknik di atas.

Newsletter